Senin, 04 November 2013

MOMENTUM TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1435 HIJRIYAH

MOMENTUM TAHUN BARU ISLAM
1 MUHARRAM 1435 HIJRIYAH





           Sekarang kita sudah berada di Bulan November, tinggal melewati satu bulan lagi kita akan memasuki Tahun Baru Masehi 2014. Untuk sebagian orang mungkin sudah punya planning untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru 2014 nanti. Bahkan mungkin sudah jauh-jauh hari dipersiapkan. Apalagi untuk yang harus bepergian keluar negeri untuk melewati moment Old and New yang terkesan sangat istimewa dan “ mahal “. Semua hotel sudah full boked beberapa bulan yang lalu. Semua artis pada panen job yang konon tarifnya bisa berlipat-lipat dari tarif biasanya. Semua Event Organiser pada berlomba-lomba menawarkan program-program Old & New yang bervariasi. Dan terkadang kita pun ikut terbawa euforianya. Bahkan untuk yang berkantong tebal, melewati malam pergantian tahun baru masehi dengan berfoya-foya dan party yang heboh dengan beberapa kaum sosialitanya. Bahkan semua acara di televisi berlomba-lomba menyiarkan secara ' live ' kondisi malam pergantian tahun baru masehi dari berbagai negara di dunia. Kembang api yang indah menghiasi langit langit di malam pergantian tahun baru diiringi bunyi terompet yang bersahut-sahutan. Wow....sungguh spektakuler.
          Dan hari ini, tanggal 5 November 2013, adalah bertepatan dengan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1435 Hijriyah. Hanya selang beberapa minggu dengan tahun baru masehi. Tetapi euforia nya hampir tak terdengar . Mungkin kita hanya melewati momentum semalam dengan mengucapkan “ Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1435 H. semoga kita semakin sukses.” Dan kita melewati libur sehari ini dengan seperti liburan biasa . Sungguh kondisi yang sangat ekstrim ...Ya...mungkin ekspetasinya tidak harus semeriah atau semahal penyambutan tahun baru masehi lah. Karena itu juga tidak mencerminkan budaya kita dan tidak islami. Bukan meriah atau tidaknya suatu pesta yang digaris bawahi disini. Paling tidak kita lebih excited menyambutnya. Satu Muharram hendaknya tidak diperingati seperti tahun baru masehi yang banyak berpesta. Melainkan diperingati dengan kegiatan yang mengedukasi masalah agama, membangun diri menjadi lebih baik, serta berbagi pada sesama. Tahun baru Islam sebaiknya diisi dengan bermuhasabah dan banyak istiqfar. Minimal kita bisa memaknai apa yang terjadi dalam momentum Tahun Baru Islam ini, yang mungkin kita sudah lupa atau bahkan mungkin belum pernah mendengar sejarahnya.
        Di balik Tahun baru Islam ini (Tahun Hijriah) ada peristiwa hebat yang sangat bersejarah. Sebuah peristiwa perintah dari Allah melalui seruan Rasul-Nya kepada seluruh umat muslim untuk berhijrah (berpindah tempat) dikarenakan Mekkah sudah tidak aman. Dan makna yang terkandung di dalam kisah ini adalah keharusan kita untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain bilamana tempat tersebut sudah tidak kondusif. Hijrah dari yang buruk-buruk ke yang baik-baik, hijrah dari tidak pernah shalat berjamaah kepada shalat berjamaah,  hijrah yang lain-lainnya. Intinya Hijrah ke ARAH yang LEBIH BAIK.
         Begitu besar makna yang terkandung dibalik momen tahun baru Islam tersebut. Sayang jika hanya momentum kali ini hanya dilewati sebagai ‘jatah libur satu hari’.
Jika kita tahu makna dari tahun baru Islam yang sebenarnya, pastilah momentum ini tidak akan terlewat begitu saja…
Jika kita mengetahui peristiwa menyejarah di balik tahun baru ini, pasti terjadilah transformasi kebaikan yang menghapus keburukan..
Jika kita mengetahui esensi di tahun ini, pastilah Tahun Baru Islam lebih di ingat ketimbang tahun baru masehi…
Dan jika saja kita merenung, apa sajakah kebaikan kita di tahun ini? Seberapa banyak keburukan yang kita lakukan di tahun ini?  Lalu apakah tahun ini LEBIH BAIK dari tahun sebelumnya? Karena sesungguhnya orang yang beruntung adalah ia yang HARI INI LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN.
Hijrah… begitu banyak makna yang terkandung di dalamnya, ia nya tidak dapat dimaknai dengan hanya berpindah tempat, tetapi lebih berpindah dari suatu kebiasaan ‘buruk’ ke kebiasaan yang ‘baik’..Menyambut tahun baru hijriyah bukanlah dengan memperingatinya dan memeriahkannya. Namun yang harus kita ingat adalah dengan bertambahnya waktu, maka semakin dekat pula kematian.
Maka, sudah sewajarnyalah kita berucap doa di awal tahun ini, meminta ampunan untuk tahun ini dan harap untuk tahun yang akan datang dan menyukuri segala nikmatNya.
Menegakkan kebenaran dan memberantas kebathilan adalah spirit utama peringatan satu Muharram. Kemenangan melawan kebathilan tidak pernah terwujud tanpa usaha serius dari manusia.
Oleh karena itu, alangkah baiknya peringatan tahun baru islam harus dijadikan momentum evaluasi diri dan menegakan kebenaran yang diawali dari diri sendiri.

“ SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1435 HIJRIYAH “
Semoga kita berhijrah ke kondisi yang lebih baik dalam segala bidang. Amin ya Robbal alamin.

1 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BERTURUT TURUT BILA BERMINAT HUB KI JAYA DI NMR (_085-342-064-735) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT ATAU [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]







































































































    BalasHapus