Rabu, 14 Maret 2012

DAMPAK PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


DAMPAK PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Berkembangnya facebook akhir-akhir ini, seolah-olah telah melahirkan dunia baru bagi perjalanan komunikasi manusia. Betapa tidak, dengan facebook manusia dengan mudah berkomunikasi dengan teman-temannya tanpa hambatan apa pun.
Kehadiran facebook telah menjadi fenomena tersendiri bagi kecanggihan teknologi komunikasi yang berkembang pesat saat ini. Hampir seluruh kaum urban perkotaan menggunakan facebook sebagai alat komunikasi dalam dunia maya. Kepopuleran facebook membuatnya melesat menjadi situs pertemanan sosial nomor satu di seluruh dunia.
Hampir semua orang mengenal facebook dari mulai anak kecil, remaja bahkan sampai orang dewasa. Jika kita amati keadaan sekitar kita akhir-akhir ini hampir semua orang menggunakan facebook disetiap waktu tenggangnya, tidak jarang mereka yang sedang bekerja, atau kuliah diruangan kelas, bahkan mungkin guru yang sedang mengajar dalam kelas juga bermain facebook padahal saat itu mereka harus mengerjakan pekerjaan lain yang bisa dibilang lebih penting dari hanya sekedar bermain facebook.
Tidak bisa kita pungkiri bahwa penggunaan facebook saat ini sangat marak di kalangan masyarakat. Penggunaannya yang sangat mudah dan tampilannya yang menarik membuat semua orang ingin memiliki facebook. Menurut Purnomo dan Amir W (2009) [1].  Syarat mutlak yang harus dimiliki untuk membuat akun facebook hanyalah email yang masih aktif.
Facebook adalah merupakan salah satu jejaring sosial di dunia maya yang sangat marak beberapa tahun terakhir ini. Facebook merupakan sebuah akun yang lengkap, dengan facebook kita bisa bersosialisasi dengan orang lain. Bentuk sosialisasi facebook sendiri bisa dirasakan oleh para penggunanya. Dari hari ke hari pengguna facebook semakin bertambah karena semakin banyak saja orang yang ingin tahu apa saja yang ada di komunitas facebook. Selain untuk chatting banyak hal lainnya yang bisa dilakukan di komunitas ini. Update status, memberi komentar akan up date status teman, sharing apa saja yang kita inginkan yang tentu saja kita bisa kendalikan sendiri penggunaannya.
Dampak Positif Penggunaan Facebook :
  • Menambah teman baru, atau bahkan mempertemukan kembali teman-teman lama kita yang sudah lama terpisah jarak dan waktu. Tentu saja hal ini menyambung kembali silaturrahmi yang telah terputus sekian lama.
  • Meningkatkan perkembangan sosialisasi antar teman, relasi bahkan juga keluarga. Komunikasi tidak terputus, walaupun hanya terjalin di dunia maya.
  • Adanya fitur membuat “ Group “ membuat kita selalu terhubung dengan teman-teman se-komunitas, sehingga kita bisa berdikusi dan sharing secara berkelompok dalam waktu yang bersamaan walaupun tidak ada kehadiran secara fisik. Tentu ini sangat menghemat jarak dan waktu. Apalagi untuk membuat sebuah “Acara Reuni” tentu hal ini sangat memfasilitasi sehingga kehadiran facebook menjadi sangat efektif dan efisien.
  • Kita bisa mendapatkan info-info yang selalu “ Up to date “. Karena di facebook memiliki fitur untuk memberitahukan suatu berita.
  • Untuk sebagian orang, facebook bisa dimanfaatkan sebagai media berbisnis secara on line. Tentu saja dengan mempromosikan barang dagangannya di facebook, ini bisa menghemat biaya tetapi cakupan promosinya bisa luas asal kita punya pertemanan yang cukup banyak.

Dampak negatif Penggunaan Facebook :
  • Dengan adanya media facebook bisa merenggangkan silaturahmi secara langsung, karena komunikasi sudah terjalin sebegitu mudahnya di dunia maya. Dengan menyapa, mengobrol dan diskusi didunia maya dirasa sudah cukup sehingga tidak perlu lagi ketemu secara langsung.
  • Penggunaan facebook yang secara terus menerus membuat lupa waktu. Bagi pelajar, bisa saja prestasi belajarnya menurun. Bagi pekerja, mungkin pekerjaannya tidak bisa maksimal , tentu hal ini sangat merugikan.
  • Walaupun sangat baik untuk perkembangan sosialisasi, dilain sisi juga orang yang kecanduan facebook menjadi seorang penyendiri, tidak peduli dengan lingkungan sekitar karena asyik dengan “dunianya” sendiri, sehingga lambat laun bisa saja dijauhi teman-temannya, hal ini menjadi tidak bagus dan lambat laun bisa berdampak negatif pada kesehatan mental / kejiwaan seseorang.
  • Ada beberapa rumah tangga yang berselisih dan bahkan terjadi perpecahan karena salah satu pasanganya selalu menyibukkan diri dengan facebook. Bahkan yang lebih fatal, facebook dijadikan ajang perselingkuhan yang bisa merusak keharmonisan rumah tangga.

Dari beberapa dampak positif dan negatif diatas, sekiranya kita harus lebih bijaksana menggunakan facebook sebagai media yang memfasilitasi perkembangan sosialisasi sebagai bentuk kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Sehingga kita bisa memaksimalkan dampak positifnya dengan meminimalisir dampak negatifnya.

2 komentar:

  1. Bagaimana mengatasinya, jika hal itu sdh sangat akut menimpa seseorang (ibu rumah tangga)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika seorang ibu rumah tangga sdh kecanduan facebook, tentu hal ini sangat memprihatinkan. urusan rumah tangga & keluarga bahkan anak2 bs terlantar. Solusinya adalah : Utk ibu rt, ikutilah kegiatan2 baru yg positif sehingga tdk begitu ada waktu utk berfacebook-an. ya pakailah facebook seperlunya dan sebijaksana mungkin sesuai fungsinya. Karena biasanya yg kecanduan facebook tuh yg hampir punya byk waktu luang shg memudahkan utk menghabiskan waktunya berfacebook-an. Kalau fokus dialihkan ke hal2 lain, lambat laun pastinya akan berkurang kecanduan facebook. jd intinya dikondisikan utk pengalihan fokus.Trims.

      Hapus